Kamis, 21 Februari 2013

Pesan untuk Ibu Baru: 'Kalau Sakit, Jangan Berhenti!'


Banyak ibu yang baru melahirkan mengalami kesulitan dan kesakitan saat akan menyusui buah hatinya pertama kali. Karena stres Air Susu Ibu (ASI) yang tak kunjung keluar, banyak ibu baru yang menyerah dan mengandalkan ke susu formula.

Bidan Robin Lim dalam buku 'ASI Eksklusif Dong!' yang diterbitkan Yayasan Bumi Sehat seperti dikutip Kamis (15/12/2011) jika ibu stres maka diperlukan waktu 2-3 hari lebih lama untuk bisa menghasilkan ASI.

"Pada saat menunggu seperti itu, sangat penting untuk hanya menyusui melalui payudara sang ibu. Isapan sang bayi akan memberikan stimulasi keluarnya susu lebih cepat dan efisien," tulis Bidan Lim yang baru saja menerima CNN Hero 2011 pada 9 Desember 2011.

Menurutnya, air susu pertama yang keluar yang berwarna kekuningan atau disebut kolostrum sangat penting bagi bayi. Jadi ibu baru jangan cepat menyerah jika proses mengeluarkan ASI terasa sakit. Bagaimana pun ASI adalah makanan terbaik buat bayi.

Ada beberapa alasan yang membuat adanya rasa sakit saat akan menyusui:
1. Mungkin mulut bayi tidak terbuka penuh, sehingga jika dia menghisap di ujung puting akan terasa sakit.
2. Ibu mungkin kurang lama dan kurang sering menyusui.

3. Arahkan bayi menghisap tepat di tengah puting, apabila terlalu ke pinggir akan terasa sakit.
4. Mungkin ibu memakai BH yang terlalu ketat dan terbuka dari bahan sintetis yang menyebabkan puting susu terasa sakit atau berdarah.
5. Mungkin ibu merasa lelah.
Ibu yang kelelahan biasanya sering merasa sakit di puting susunya. Apabila lelah, posisi bayi dibaringkan dan terus menyusui.
6. Jangan sampai lupa menyusui.
Susui bayi di puting yang sakit dulu untuk membantu aliri susu dan menghilangkan rasa sakitnya. Susu dari puting yang sakit ini tidak akan membahayakan bayi.

Ibu baru juga harus memperhatikan hal-hal berikut yang bisa membantu keluarnya ASI:
1. Rileks dan banyak beristirahat
2. Setelah lahir, letakkan bayi langsung di puting susu sang Ibu
3. Sering menyusui, pada kedua payudara
4. Banyak makan sayuran hijau
5. Minum banyak air dan minuman bergizi seperti jus jeruk
6. Jangan berkan air di dalam botol kepada bayi yang baru lahir
7. Jangan percaya iklan-iklan TV tentang susu formula, ingat mereka hanya mau menjual produknya.
Kalau bayi Anda minum susu formula berarti Anda mendukung produk yang merugikan ekonomi Anda dan sebenarnya tidak lebih baik.
8. Yakinkan seluruh putting dan areola payudara Ibu masuk ke mulut bayi

Cara Mengurangi Rasa Sakit

Kupas dan parut segenggam jahe segar, tambahkan air panas dan gunakan kapas yang lembut untuk mengompres payudara. Ini akan membantu mengurangi luka dan rasa sakit.

Untuk puting yang pecah-pecah, berdarah atau bengkak, taruh daun kol yang segar di payudara. Ibu akan terkejut melihat betapa cepatnya daun ini menyembuhkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar