Jumat, 05 April 2013

Ini Tanda-tandanya Morning Sickness yang Tergolong Parah


Jakarta, Mual, muntah dan perut kembung sering dikeluhkan oleh wanita hamil pada trimester pertama. Dalam bahasa umum, hal itu disebut morning sickness. Dalam tahap tertentu kondisi ini masih terbilang normal, namun bisa juga menjadi parah.

Morning sickness yang tergolong parah bisa membuat ibu hamil tak bisa makan apa-apa. Dalam kasus yang jarang terjadi, morning sickness akut adalah hasil dari sindrom yang disebut hiperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum begitu parah juga bisa berakibat fatal.

Berikut tanda-tanda morning sickness yang tergolong parah, seperti dilansir Boldsky, Selasa (26/3/2013):

1. Keengganan dengan banyak makanan

Biasanya, wanita hamil mungkin merasa enggan terhadap jenis makanan tertentu selama trimester pertama kehamilan. Tapi jika Anda mengalami morning sickness akut, Anda akan jijik dengan semua makan makanan.

2. Mual ketika minum air

Bila Anda menderita hiperemesis gravidarum, Anda akan mengalami mual bahkan jika hanya minum air. Pada dasarnya, bukan makanan atau cairan yang membuat Anda mual, karena rasa mual berasal dari dalam.

3. Dehidrasi

Karena tidak dapat makan atau minum, tubuh mulai 'kelaparan' cairan. Selain itu, muntah juga membuat tubuh kehilangan banyak air. Dehidrasi selama kehamilan benar-benar berbahaya. Anda harus dirawat di rumah sakit dan mendapatkan cairan intravena jika perlu.

4. Berpikiran negatif dengan makanan

Hiperemesis gravidarum hampir dikategorikan seperti gangguan makan yang mempengaruhi selama kehamilan. Wanita yang mengalaminya memiliki pikiran negatif terhadap makanan, yang sangat mirip dengan bulimia.

5. Tidak mengalami ngidam

Mengidam adalah sesuatu yang umum selama kehamilan. Namun ketika wanita hamil menderita morning sickness akut, tubuh tidak akan menginginkan makanan.



http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar